Sejarah Kerajaan Kutai – Kerajaan Hindu Pertama Indonesia – Kerajaan Kutai merupakan salah satu kerjaan tertua di Indonesia. Hal ini ditandai dengan banyaknya informasi dari china tentang hal tersebut. Dan juga Kalimantan merupakan salah satu jalur utama untuk jalur perdagangan China dan India.

Pada artikel kali ini fourstonehearth akan coba mengulas tentang beberapa peninggalan kerajaan tertua di Nusantara ini. Mari kita simak dan ikuti lebih lanjut artikel dibawah ini.

Sejarah Kerajaan Kutai di Indonesia

Untuk kerajaan kutai sendiri didirikan oleh Raja Kudungga yang merupakan kakek dari raja Mulawarnman. Hal ini didukung dengan berbagai garis keluarga raja yang membuktikan bahwa Kudungga merupakan raja pertama yang menjalankan kerajaan Kutai ini.

Letak dari kerajaan Kutai sendiri berada di Kalimantan Timur disekitaran sungai mahakam yang sekarang termasuk kabupaten Kutai Kertanegara. Pada masa kejayaan kerajaan Kutai ini ketika dipimpin oleh Raja Mulawarman yang memberikan bukti dengan memperluas kerajaan Kutai dengan mengalahkan kerajaan kerajaan kecil disekitarnya.

Raja Mulawarman merupakan seorang raja yang sangat baik kepada semua warganya. Hal itu dibuktikan dengan banyaknya persembahan beliau kepada dewa, hadiah kepada brahmana serta juga pemberian kepada masyarakatnya.

Sejarah Kerajaan Kutai – Kerajaan Hindu Pertama Indonesia

Peninggalan Bersejarah Kerajaan Hindu Pertama

Berbagai peninggalan bersejarah telah membuktikan keberadaan kerajaan Kutai sebagai kerajaan Hindu yang pertama. Semua itu juga dibuktikan dengan banyaknya prasasti yang terdapat disekitaran kerajaan tersebut.

Beberapa peninggalan kerajaan Kutai diantaranya adalah sebagai berikut.

  •  Prasasti Mulawarman

Prasasti Mulawarman atau banyak disebut sebagai Yupa  merupakan prasasti yang berbentuk tiang batu. Peninggalan Prasasti ini ditemukan pada Kabupaten Kutai Kertanegara, Kalimantan Timur disekitar sungai Mahakam. Sebagai informasi untuk jumlah Yupa yang telah ditemukan sampai saat ini adalah berjumlah 7 buah.

Semua itu merupakan simbol bahwa Raja Mulawarman merupakan seorang Raja yang baik dengan banyak memberikan bantuan kepada warganya. Hal itu ditandai dengan adanya prasasti yang tertuliskan pujian kepada sang Raja. Hal itu juga sebagai sebuah simbol tentang keberadaan kerajaan Kutai pada zaman dulu.

  • Arca Siwa dan Nandiswara

Untuk penemuan arca Siwa dan juga arca Nandiwara ini merupakan bukti nyata bawah kerajaan yang berada di Kalimantan Timur ini menganut Agama Hindu. Itu semua dibuktikan dengan adanya kerajaan kutai dan juga kegiatan yang dilakukan oleh masyarakatnya.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *