Peninggalan Kuno Belanda Di Indonesia – Negara Indonesia merupakan salah satu bekas lahan penjajahan yang dilakukan oleh negara Belanda. Hal itupun akhirnya berakhir ketika Indonesia merdeka tahun 45 dan berhasil mengusir Belanda tersebut

Namun rupanya banyak juga terdapat peninggalan kuno belanda yang terdapat di Indonesia seperti bangunan kuno peninggalan sejarah yang ditinggalkan.  Hal itu kebanyakan berbentuk pemukiman, perkantoran serta juga tempat keagamaan.

Tempat Peninggalan Kuno Belanda di Berbagai Daerah

Untuk tempat peninggalan kuno ini tersebar dari Sabang sampai juga Merauke, mari kita simak bersama.

  • Medan

Untuk kota Medan sendiri sangat banyak tersebar bangunan sejarah Belanda ini. Itu terdapat pada sepanjang Jl  Ahmad Yani. Untuk beberapa peninggalan bersejarah di Kota Medan ini masih tergolong baru dibanding kota kota lain.

Sebagai contoh adalah Gedung Bali kota, Kantor Pos, Masjid Agung dan juga istana Maimum yang merupakan contoh bangunan kuno belanda ini. Selain itu juga adanya Gedung London Sumatera yang dibagun dari tahun 1906 dengan 5 lantai merupakan cerminan salah satu bangunan di Kota London.

baca juga artikel tentang peninggalan sejarah kuno yang masih menjadi misteri

Peninggalan Kuno Belanda Di Indonesia

  • Palembang

Untuk kota yang terkenal akan jembatan Ampera ini juga banyak terdapat peninggalan sejarah dari Belanda. Itu dilihat dari bangunan di sepanjang sekanak Jalan jendral Sudirman samapi dengan jembatan Ampera. Untuk bangunan tua dan juga bangunan pemukimam mewah dengan khas Eropa juga terdapat di Palembang, tepatnya di daerah Danau Kambang Iwak.

Peninggalan Kuno Belanda Di Indonesia

  • Surabaya.

Nah untuk salah satu peninggalan kuno di Kota Pahlawan ini adalah hotel Majapahit, jembatan Merah, Tugu Pahlawan serta katedral Kepanjen yang paling banyak dikunjungi oleh warga indonesia untuk mengenang perjuangan pahlawan surabaya dalam mengusir penjajah belanda ini.

  • Bandung

Nah, bagi kalian semua yang mau melihat dan merasakan area bekas kolonial Belanda bisa mengunjungi jalan Braga serta Jalan Asia Afrika Bandung. Disana juga berdiri beberapa bangunan kuni dengan khas Eropa yang masih berfungsi dengan baik.

  • Jakarta

Peninggalan Kuno Belanda Di Indonesia

Beberapa peninggalan Belanda di Kota Jakarta adalah sunda kelapa, Batavia serta tempat Jakarta Tobkubetsu Shi yang merupakan awal sumber adanya Dki Jakarta. Selain itu juga terdapat kawasan kota tua jakarta, Museum Fatahilla dan Bank Indonesia yang masih bisa dikungjungi untuk mengingat peninggalan kuno dari Belanda ini.

Leave a comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *